inkubasi


Inkubasi

Adalah istilah yang menunjukkan pada suatu periode waktu ketika seseorang berhenti memikirkan suatu masalah untuk sementara waktu (Bransford dan Stein 1984: Halpern, 1996).. Misalnya ketika kita sedang melukis atau menarang sebuah cerita. Awalnya imajinasi kita ngalir gthu aja..tapi tiba-tiba imajinas kita hilang begitu saja, tanpa ujung. Di paksa untuk berfikir lagi, imajinasi tetap tidak muncul. Nahhh disaat itulah inkubasi trejadi. Kita harus beristirahat sejenak agar imajinasi kita muncul lagi..waktu istirahat itulah yang dinamakan inkubasi.

Inkubasi ini sangat berguna agar pikiran kita sejenak beristirahat dan bisa memperoleh ide/ imajinasi yang lebih cemerlang.

Ketika seseorang berhenti untuk sementara waktu dari memikirkan problem solving yang tidak kunjung ditemukan kemudian ia melakukan hal-hal lain yang tidak berkaitan, sesungguhnya pikiran tidak sadar (unconscious mind) orang itu tetap aktif bekerja untuk masalah yang tengah dihadapi. Ini barangkali yang membuat seolah-olah pikiran sadar orang itu menganggap bahwa problem solving diperoleh secara tiba-tiba atau tidak disengaja.

Temen-temen Fara udah buktiin lhoo…ketika Fara lagi sibuk-sibuknya ngerjain tugas kuliah. Inkubasi ni bener-bener memberi ide yag cemerlang. Selama hampir tiga jam fara ngadep notebook tapi gak ketemu ide yang cocok. Habis thu Fara mutusin buat istirahat tidur.entah datangnya dari mana, tiba tiba ide muncul gthu aja. Langsung deh Fara bangun dan memulai ngerjain tugas lagi..and hasilnya lebih baik dari ide yang sebelumnya.sooo buat temen-temen.jangan terlalu memaksakan diri saat ngerjain sesuatu atau menghadapi sesuatu yaaa… biarkan alam bawah sadar kita member ide yang lebih cemerlang dengan kita mengistirahatkan pikira kita.. ingat kan teorinya Freud yang mengatakan bahwa alam bawah sadar kita memiliki presentasi lebih besar dari alam sadar kita…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s